Showing posts with label Careers. Show all posts
Showing posts with label Careers. Show all posts

Langkah Mudah Cara Cepat Dapat Pekerjaan


 foto : www.businesscomputingworld.co.uk

Saveupdata.com -Sering 'melempar' CV ke berbagai perusahaan, tapi nggak ada respons? Rajin mendatangi job fair dan sebulan kemudian masih juga berburu kerja? Hmm... mungkin selama ini cara yang kita pakai untuk meraih pekerjaan impian, tuh, kurang pas. Selain itu, terlalu percaya dengan mitos seputar pencarian kerja juga memengaruhi persepsi kita—akhirnya makin nggak pede melamar kerja, deh. Ikuti 15 langkah mudah dapat pekerjaan berikut ini dikutip dari femina.

1. Harus proaktif
Eits, nggak selalu! Dengan skill yang oke dan posisi spesifik, sih, kita memang bakal cepat dapat pekerjaan. Sebaliknya, nih, kalau kemampuan kita pas-pasan, ya, cara pasif seperti ini nggak bakal menembus kesempatan wawancara kerja. Saatnya proaktif, dong. Misalnya, dengan cara menghubungi perusahaan yang sudah dilamar dan minta waktu wawancara—meskipun kita nggak qualified, he he. Kalaupun akhirnya pewawancara menganggap kita nggak cocok untuk mengisi posisi tersebut, siapa tahu ada posisi lain yang bisa dicoba.

2. Selektif melihat lowongan kerja di internet
Cepat, sih, iya. Sayangnya nggak semua perusahaan memasang lowongan kerja via internet. Bergabung dalam komunitas dan situs pencari kerja memang memperbesar peluang kita untuk menemukan pekerjaan, tapi cara 'kuno' seperti membaca lowongan di koran, datang ke job fair, bahkan memanfaatkan jejaring kadang lebih efekitf, tuh.

3. Nggak perlu mendaftarkan diri ke berbagai situs pencari kerja
Situs tersebut cuma memfasilitasi kita untuk menjual diri ke perusahaan yang sedang mencari calon karyawan. Dan... bukan berarti semua perusahaan yang menjadi klien situs pencari kerja tersebut langsung antre memanggil kita untuk wawancara—kecuali kualifikasi kita oke banget. Situs pencari kerja ibarat 'biro jodoh'. Artinya, mereka menjodohkan perusahaan dengan karyawan yang memenuhi standar kualifikasi kliennya. Jadi, untuk memperbesar kesempatan, ya, kita kudu tetap aktif melamar posisi yang ditawarkan dari sekian lowongan di situs tersebut.

4. Kutu loncat masih berpeluang
Dulu karyawan yang sering gonta-ganti pekerjaan memang dianggap nggak punya loyalitas terhadap perusahaan. Kalau sekarang banyak pewawancara yang mau mengerti alasan si kutu loncat ini, kok. Kadang untuk maju dan menambah skill, kita nggak perlu takut meloncat dari satu perusahaan ke perusahaan lain. Tapi, juga jangan terlalu cepat berpindah-pindah—minimal satu tahun menetap, deh. Kalau sudah telanjur jadi kutu loncat, ya, tinggal pintar-pintarnya kita menjual skill yang dimiliki. Pede saja bilang bahwa pengalaman dan pengetahuan yang selama ini kita 'curi' bakal berguna bagi calon perusahaan tersebut.

5. Menolak tawaran = mematikan langkah?
Ada saatnya kita merasa sok jual mahal sehingga menolak tawaran pekerjaan yang datang dan pada akhirnya menyesal. Daripada kepikiran terus, kita harus berani menghubungi kembali pihak pewawancara dan minta waktu untuk melaksanakan wawancara yang tertunda. Biasanya mereka nggak akan menolak permintaan kita selama posisi yang ditawarkan masih tersedia—kan, kita memang sudah termasuk kandidat utama. Kalau nggak dicoba, ya, tawaran itu bakal lewat....

6. Jaga sikap di depan pewawancara
Sebenarnya, nih, setiap saat kita harus bersikap sopan—nggak cuma saat wawancara kerja saja. Berhubung sedang butuh pekerjaan, level kesopanan kita mau nggak mau kudu ditingkatkan. Mulai, deh, dengan sabar menunggu jadwal wawancara, mengetuk pintu saat memasuki ruang wawancara, berjabat tangan, bergantian berbicara ketika ditanya, hingga mengucapkan terima kasih setelah selesai diwawancarai. Banyak orang yang pengen melihat calon karyawannya pede, tapi bukan berarti meninggalkan tata krama, dong!

7. Buat CV dan surat lamaran
Keduanya sama penting, tuh, untuk disertakan saat kita melamar pekerjaan. Soalnya HRD ingin tahu posisi apa yang pelamar inginkan dan bagaimana karakternya—ini juga terbaca dari tanda tangan kita di bawah surat. Makanya, surat lamaran dan CV merupakan satu paket yang nggak terpisahkan.

8. CV up to date
Dalam selembar CV, perusahaan ingin mengetahui skill, pendidikan (plus training kalau ada), serta pengalaman yang dimiliki oleh calon karyawannya. Hanya butuh waktu kurang dari 20 detik untuk menyingkirkan CV yang terlihat nggak menarik. Jadi, bikin, dong, CV yang singkat dan padat untuk menunjukkan segala kelebihan kita. Detailnya, sih, bisa menyusul pada saat interview.

9. Datangi job fair

Kalau kita memang berharap mendapatkan pekerjaan setelah datang ke job fair, berarti kita kudu melakukan persiapan khusus. Jangan buang waktu hanya untuk mengecek sikon atau booth yang ada di sana. Justru kita harus menyiapkan diri semaksimal mungkin, siapa tahu bisa langsung walk-in interview. Minimal, kita membawa flashdisk berisi surat lamaran, CV, foto terbaru, juga portofolio—kan, sekarang serba paperless.

10. Waktu memengaruhi 'isi' wawancara
Ternyata, nih, jadwal wawancara yang paling enak adalah pagi hari (sekitar pukul 09.00 – 11.00). Soalnya pada jam-jam tersebut belum banyak gangguan bagi pewawancara maupun calon karyawan. Kalaupun dilakukan di siang hari, biasanya waktu yang dipilih adalah pukul 13.00 atau 14.00. Lewat dari itu seringkali wawancara ditujukan bagi kandidat yang kurang diminati perusahaan.

11. Negosiasi waktu
Wah, jangan terlalu gampangan menyanggupi panggilan wawancara kerja. Selain dianggap gampang disetir, kita juga bisa terjebak sendiri dalam janji itu—apalagi kalau kita masih berstatus karyawan di perusahaan lain. Lebih baik kita mencoba bernegosiasi terhadap calon perusahaan. Minta bertemu setelah jam kerja juga boleh, asal pihak pewawancara nggak keberatan. Seandainya waktu wawancara sudah harga mati, kita kudu siap mengalah, misalnya dengan mengambil cuti biar nggak mengganggu pekerjaan saat ini.

12. Unjuk gigi
Banyak faktor yang memengaruhi kesuksesan wawancara. Kualifikasi yang dicari dari calon karyawan di antaranya interpersonal skill (termasuk kemampuan menjawab pertanyaan), penampilan, hingga kesan yang ditangkap oleh si pewawancara. Meskipun CV kita standar, pasti perusahaan punya alasan kuat buat bertemu langsung dengan kita. Jadi, buktikan bahwa kita memang orang yang tepat buat mengisi posisi tersebut pada saat dipanggil wawancara.

13. Serius keluar dari zona nyaman
Sekali memutuskan resign dari tempat kita bekerja selama bertahun-tahun, kudu segera direalisasikan. Soalnya kalau kebanyakan mikir pada akhirnya cuma terjebak kembali dalam zona nyaman kita. Kita pun jadi nggak berani meninggalkan kantor serta posisi yang sebenarnya sudah mentok. Namun, nggak disarankan juga resign karena alasan emosional, misalnya ribut dengan rekan kerja. Tahu sendiri, kan, mencari pekerjaan baru nggak gampang? Kalau memang merasa diri kita nggak lagi berkembang—baik skill maupun mental—mungkin sudah saatnya mencari pekerjaan baru.

14. Pertimbangkan untuk pindah haluan
Banyak, kok, orang yang pindah profesi kemudian sukses, meski ada juga yang gagal. Memang sulit pindah haluan, tapi bukannya nggak mungkin, tuh. Selama kita melakukannya terencana dan total pasti nggak ada masalah. Coba, deh, kuliah lagi atau ngambil kursus untuk memperdalam pengetahuan di bidang yang baru—apalagi kalau nggak pede terhadap kemampuan yang dimiliki sekarang.

15. Berpromosi setelah resign
Nggak salah, sih, bilang kepada semua jejaring bahwa kita sudah 'bebas' dari kantor lama. Tapi... nggak mesti buru-buru menjelaskan kalau kita butuh pekerjaan baru segera—bisa-bisa kita disangka di-PHK, tuh! Bilang saja kita siap membantu mereka seandainya dibutuhkan, pasti mereka ngeh kalau kita siap dipekerjakan. Sambil menunggu tawaran pekerjaan yang oke, coba juga ambil pekerjaan paruh waktu—lumayan buat mengisi pundi-pundi tabungan, nih. Siapa tahu dari proyek-proyek kecil ini banyak klien yang puas sehingga mempercayakan proyek besar. Kadang cara promosi sederhana 'dari mulut ke mulut' bisa berdampak dahsyat, tuh! (f)


Alice Larasati

10 Tips Menjadikan Anak Anda Sukses Dimasa Depan



Saveupdata.com -Untuk anda para orang tua, tentunya anda ingin sang buah hati menjadi sukses di masa depan kelak, namun apakah anda tahu bahwa beberapa faktor yang bisa membuat sukses anak anda ternyata berada pada orangtuanya sendiri, seperti yang dikatakan para peneliti psikologi, dikutip dari laman businessinsider. Nah untuk itu, kami  telah merangkum 10 sikap orangtua yang dapat menjadikan anak sukses di masa depan:

Memiliki Hubungan Harmonis
Ini bisa dikatakan sebagai salah satu faktor utama dalam kehidupan sang anak, hubungan harmonis dalam suatu keluarga akan menjadikan masa depan yang lebih cerah, bila dibanding dengan anak yang berasal dari keluarga penuh konflik.

Mengajarkan Matematika sejak dini
Sebuah penelitian dilakukan terhadap 35 ribu anak-anak TK di AS, pada tahun 2007. Dan mendapatkan kesimpulan bahwa pengembangan kemampuan berhiting sejak dini, akan terlihat dan berdampak signifikan bagi anak di masa depan nantinya

Menghargai Usaha daripada menilai kegagalan
Mulailah ubah pola pikir anak anda sekarang, coba nilai usahanya bukan hasilnya. Sebagai contoh, orangtua memuji anaknya karna mendapatkan nilai yang bagus karna kepintarannya, hal ini hanya akan menjadikan pikiran yang stagnan. Akan berbeda jika keberhasilannya mendapatkan nilai tersebut adalah karna usaha dan kerja kerasnya, maka alam pikiran mereka akan berkembang pesat

Minim Stres
Berapa banyak waktu kebersamaan yang orang tua berikan untuk anak berusia antara 3-11 tahun dapat memperediksikan pencapaian seorang anak nantinya. Seperti yang dikutip dari Washington Post, seorang ibu yang stress untuk membagi waktu antara anak dan pekerjaan, akan berdampak buruk bagi sang anak kedepannya.

Membiasakan Anak Mengerjakan Pekerjaan Rumah
Anak yang selalu diberi kebiasaan mengerjakan pekerjaan atau tugas tugas dirumah akan menjadikan anak anda memiliki sikap kerjasama yang baik, dan memupuk rasa empati yang tinggi, serta mengajarkan kemandirian, seperti yang diungkapkan Julie Lythcott selaku mantan Dekan Freshmen dari Universitas Stanford AS

Mengajarkan anak keahlian sosial
Sejumlah peneliti dari Pennsylvania melakukan penelitian, dan menyimpulkan bahwa kemampuan semasa taman kanak kanak menentukan sukses di usia 20 tahun mendatang. Jadi anda sebagai orang tua harus mengajarkan anak tentang keahlian bersosialiasi kepada anak sejak di taman kanak kanak.

Memiliki ekspektasi tinggi
Neal Halfon , Profesor dari UCLA mengatakan bahwa pengharapan orang tua yang besar terhadap anaknya bisa menjadikan anak tersebut sukses. Sebagai contoh, orangtua yang berharap anaknya meraih gelar sarjana di perguruan tinggi, tentunya orang tua akan berusaha mengatur pendapatan dan kekayaan mereka untuk mencapai tujuan yang diinginkan

Mempunyai tingkat pendidikan tinggi
Studi pada tahun 2014 yang dilakukan psikolog Sandra Tang dari University of Michigan mengatakan bahwa jika orang tua memiliki pendidikan yang tinggi, biasanya ini juga akan diikuti oleh sang anak. Sementara bila sang ibu menikah terlalu muda, cenderung anak tersebut tak menamatkan sekolah SMA

Membangun hubungan erat dengan anak
Lagi lagi, studi di tahun 2014 menemukan bahwa 243 anak yang terlahir dibawah garis kemiskinan namun mendapatkan kasih sayang selama tiga tahun awal, cenderung akan meraih nilai akademik yang baik, dan akan menjadi lebih baik saat mencapai usia 30-an

Ibu Bekerja
Ada keuntungan khusus dari anak yang terlahir dari ibu yang bekerja, penelitian dari Harvard Business School menyatakan bahwa anak dari ibu yang bekerja, akan mendapatkan pendidikan lebih baik dan mendapatkan pekerjaan serta pendapatan yang besar nantinya.

Nasehat Chairul Tanjung Ini Bisa Menjadi Tamparan Bagi Kita


Sangat setuju sekali nasehat hebat dari Chairul Tanjung, ini bisa menjadi pukulan bagi kita yang meremehkan arti berkumpul bagi keluarga. Banyak orang rela bekerja keras di perusahaan orang tapi lupa segalanya, sampai - sampai lupa terhadap keluarga, pergi sebelum subuh, pulang sampai larut malam, berkumpul, bercanda sama anak pun kadang jarang kita lakukan. Berikut nasehat hebat dari Chairul Tanjung,

"Jika suatu hari kau sakit atau tiba - tiba meninggal dunia karena kelelahan bekerja, Perusahaanmu akan mencari orang untuk mengganti posisimu, kemudian akan berjalan seperti biasa, kau tidak sepenting yang kau bayangkan. Sedangkan, keluargamu dan sahabat yang mencintaimu akan bersedih dan menderita, Sisakan waktu untuk menemani keluarga, dan jangan lupa menyayangi diri sendiri mulai dari sekarang."

Semoga kita bisa mengambil hikmah dari nasehat sosok Chairul Tanjung ini.

Satu Kunci Sukses Untuk yang Ingin Cepat Sukses

 Meraih kesuksesan tidak seperti membalikkan telapak tangan. Agar seseorang bisa sukses, ia harus melewati berbagai tantangan dan proses yang tidak sebentar. Tidak ada kesuksesan yang bisa dicapai dengan mudah. Kedisiplinan dan kebiasaan memiliki peranan penting dalam menentukan kesuksesan seseorang. Bahkan mulai dari kebiasaan terkecil yang seringkali diabaikan orang. Setiap usaha kita, sekecil apapun itu memberikan dampak pada tingkat kesuksesanmu. Langkah senderhana yang kamu harus lakukan adalah

Biasakan Memiliki Target Harian

Orang yang sukses tidak memikirkan berapa lama ia harus bekerja hari ini, atau memikirkan kapan liburan tiba. Setiap harinya, sebelum hari dimulai, orang sukses sudah banyak berpikir tentang bagaimana cara membuat harinya produktif atau bagaimana cara menyelesaikan semua pekerjaan yang menantinya hari ini. Semua hal yang harus dilakukannya hari ini sudah diatur dengan jelas pada hari sebelumnya, jadi mereka tinggal menyesuaikan saja.
 
Membuat target harian harus kamu lakukan supaya kamu jadi termotivasi untuk bekerja. Karena dengan memiliki target yang jelas, maka pekerjaan bisa diselesaikan tepat waktu dan tidak ada lagi waktu yang terbuang untuk mengatur apa tujuanmu hari ini.

Tips Jitu Beralih Profesi dari Seorang Pegawai Menjadi Pengusaha Sukses




Mungkin Anda sudah bosen menjadi pegawai kantoran yang setiap hari harus berangkat pagi dan pulang petang, memegan uang pun cuma pada bulan akhir. Atau karena Anda sudah jenuh dengan kondisi saat di kantor, selain itu taraf ekonomi Anda segitu saja tak kunjung membaik.

Seperti yang dilansir dari laman Entrepreneur.com, berikut ini beberapa tip yang dapat Anda pakai apabila ingin beralih profesi dari seorang pegawai menjadi pengusaha.

1. Anda siap untuk memulai semuanya dari awal

Untuk mulai merintis sebuah bisnis, hal pertama yang Anda harus tanamkan dalam diri ialah niat dan kesungguhan bahwa Anda siap mengeluarkan semua usaha dan jerih payah untuk merintis semuanya dari awal. Jangan terlalu terbebani dengan pengalaman ataupun pikiran masa lampau yang dapat menghalangi Anda untuk melakukan apa yang sudah Anda inginkan sejak lama.


2. Ketahui apa yang ingin Anda lakukan

Agar Anda dapat mengetahui apa yang sebenarnya ingin dilakukan, Anda dapat mencoba menanyakan hal-hal seperti: “Apa passion Anda?”, “Keahlian apa yang Anda miliki?”, “Hal apa yang memiliki nilai signifikan pada diri Anda?”.

Dengan bertanya terus-menerus akan hal ini, nantinya kepercayaan pun akan muncul dan dapat membantu Anda untuk mengarahkan jalan menuju jalur yang semestinya.


3. Mencari mentor yang tepat

Hal ini memang sangat perlu dilakukan. Mencoba mencari dan menemukan mentor yang tepat akan membantu Anda menentukan langkah apa yang seharusnya diambil.

Selain itu, dengan adanya seorang mentor, Anda dapat menghemat waktu dan biaya yang dikeluarkan dibandingkan jika Anda merintis semuanya sendiri.


4. Bekerja efektif dan efisien

Kita semua memiliki waktu yang sama: 24 jam dalam sehari. Namun beberapa orang justru mampu menyelesaikan pekerjaan mereka lebih banyak dengan waktu yang ada. Mengapa bisa seperti itu? Jika Anda bertanya tentang hal itu, jawabannya adalah efisiensi serta efektivitas waktu yang mereka gunakan sebaik mungkin.

Apabila Anda sudah memutuskan untuk membuka bisnis baru, Anda juga harus menyisihkan sebagian waktu yang dimiliki demi mengurus bisnis yang ingin Anda jalani. Karena itu, Anda harus dapat mengatur waktu sebaik mungkin agar pekerjaan yang Anda lakukan sekarang dapat tetap terpenuhi sembari mengurus bisnis yang mulai berjalan.


5. Mengetahui waktu yang tepat

Bisnis yang terus berkembang sembari tetap menjalani pekerjaan yang ada memang akan menguras waktu Anda sedemikian rupa. Apabila Anda masuk ke dalam situasi ini, Anda harus cermat dalam membaca kesempatan. Hidup penuh dengan pilihan serta kesempatan besar yang harus Anda ambil demi dapat meneruskan hidup ke arah yang lebih baik.

Jika bisnis yang sedang Anda jalankan dapat terus berkembang dengan baik sampai penghasilan menyamai pekerjaan, Anda dapat memilih meninggalkan pekerjaan yang ada dan berfokus pada bisnis yang dijalankan.

Ya, butuh keberanian serta tekad yang besar untuk bisa melakukan hal ini. Tidak apa-apa jika Anda merasa belum dapat meninggalkan pekerjaan yang sedang Anda jalani. Pergunakanlah waktu yang ada sampai Anda benar-benar siap mengambil keputusan.

Lingkungan akan terus menjebak Anda untuk menjalani hidup yang biasa-biasa saja. Dengan beralih menjadi seorang pengusaha, Anda dapat menjalani hidup dan memiliki pengalaman beragam yang belum tentu dapat Anda capai apabila memilih menjadi pegawai sepanjang hidup.

Ramainya UI CAREER & SCHOLARSHIP EXPO XX 2015

Dalam rangka memfasilitasi para lulusan yang akan memasuki dunia kerja dan lulusan yang akan melanjutkan pendidikan Career Development Center Universitas Indonesia (CDC-UI) sebagai pusat pengembangan karir dan kualitas sumber daya manusia di bawah Direktorat Hubungan Alumni UI akan mengadakan expo yang berjudul UI CAREER & SCHOLARSHIP EXPO XX 2015Kegiatan akan dilaksanakan pada hari ini -Sabtu, tanggal 17-19 September 2015 di Balairung UI, Kampus UI, Depok.


Pintu Masuk  Balairung UI Sudah Ramai para Pelamar Kerja


Kegiatan ini mengundang perusahaan/instansi yang sedang mencari tenaga kerja untuk berpartisipasi sebagai peserta maupun sponsor untuk melakukan pameran, presentasi perusahaan, rekrutmen dan wawancara. Selain itu diundang pula para lembaga/universitas pemberi dana beasiswa untuk melakukan pameran dan mempresentasikan beasiswa yang ditawarkannya kepada pengunjung.

 

Uang Gajian Harus di Gunakan Untuk Masa Depan yang Lebih Baik




Sebagai karyawan pasti Anda  selalu menantikan akhir / awal bulan untuk menerima gaji yang kemudian menggunakan gaji bulanan untuk bersenang- senang. Beberapa diantaranya menghabiskan untuk produk kecantikan dan fashion up date. Jika Anda mempunyai kebiasaan seperti itu, sebaiknya dirubah, jangan terlalu boros. Anda bisa merendam keinginan menggunakan uang Anda untuk hal-hal yang sebenarnya kurang penting dengan cara menabung, karena dengan menabung Anda dapat mempersiapkan masa depan dan tentu saja memperbaiki financial Anda.

Menyisakan Uang Gaji Bulanan
Mulailah untuk berusaha menyisihkan uang dari gaji pada akhir bulan untuk di tabungan. Sebaiknya Anda bersikap tegas dan segara mengalihkan uang tersebut. Anda bisa menyisihkan 10 sampai 30 % uang setelah mendapatkan gaji. Simpan direkening yang khusus untuk menabung. Usahakan jangan pernah memakai uang yang ada di tabungan tersebut.

Buat Prioritas
Membuat prioritas dalam pengeluaran. Dahulukan membayar tagihan-tagihan sebelum membelanjakan uang untuk kepuasan semata. Anda harus menyisihkan uang di awal untuk membayar tagihan-tagihan tersebut.

Jangan Membelanjakan Uang untuk Shopping
Saat menerima gaji bulanan, jangan membelanjakan uang Anda sekaligus. Rencanakan setiap bulan seberapa banyak Anda akan mengeluarkan uang untuk belanja dan taat pada rencana tersebut. Jangan berbelanja sesuai keinginan semata dan nafsu sesaat, minsalnya ingin membeli tas dan sepatu terbaru, padahal yang lama masih bisa digunakan. Sebaiknya Anda harus berfikir untuk mengalokalisikan dana sesuai kebutuhan dan keperluan yang penting untuk ditabung

Belanja Sesuai Kemampuan
Berbelanjalah sesuai uang yang Anda punya bulan ini, bukan berdasarkan seberapa uang atau bonus yang akan Anda dapat di kemudian hari. Ingat, jangan mengeluarkan uang untuk keperluan tidak penting dan berharap akan mendapatkan uang ekstra setelahnya.

Batasi Penggunaan Kartu Kredit
Jangan memiliki lebih dari dua kartu kredit di dalam dompet jika Anda tidak bisa mengontrol penggunaanya. Gunakan kartu kredit secara bijaksana agar Anda tidak terbebani saat membayarnya. Tuntaskan semua pembayaran kartu kredit dan utang lainnya, segera setelah gaji Anda masuk. Dengan melunasi tagihan tersebut, di bulan-bulan berikutnya Anda tidak akan terbebani lagi dengan utang.

Investasi
Investasikan gaji Anda dengan mengikuti asuransi, bermain reksadana atau mendepositokan uang yang bisa ditarik sesuai persetujuan. Atau dengan membuka usaha. Anda mungkin bisa mendapatkan uang selain dari gaji kantor dengan mencoba berinvestasi. Dengan cara ini sama saja seperti Anda menabung disiplin.

 Semoga kita semua terhindar dari sifat boros yang akan menjerumuskan kita ke arah kemiskinan. Mari kita lebih hemat dalam menggunakan uang untuk hal - hal yang positif untuk masa depan yang lebih baik. 



Penulis : Nurma

Buruh di AS Dibayar Rp 556 Ribu per Jam, 76 Kali Lebih Besar Dari Buruh Indonesia



Buruh pabrik di Amerika Serikat saat ini memperoleh bayaran 76 kali lebih besar dari yang diterima pekerja pabrik yang bekerja di Indonesia. Dalam empat tahun ke depan, rasio tersebut akan mengecil, tetapi perbedaannya masih cukup mencolok, yakni 58 kali.

Sebagaimana dikutip dari Bloomberg, hal itu merupakan hasil kajian Economist Intelligence Unit. Disebutkan bahwa gaji buruh di AS akan naik sebesar 12 persen pada 2019 menjadi rata-rata 42,82 dollar AS (Rp 556.000) per jam.

Sementara itu, gaji karyawan pabrik di Indonesia diperkirakan bakal naik sebesar 48 persen hingga 2019, tetapi hanya menjadi sebesar 74 sen dollar AS (Rp 9.620). Jumlah tersebut jauh lebih rendah dari karyawan negara lain, seperti China yang mencapai 4,79 dollar AS per jam, Vietnam 3,16 dollar AS per jam, dan Filipina 3,15 dollar AS per jam.

Economist Intelligence Unit juga menyebutkan bahwa saat ini Indonesia tengah mencoba untuk mengembangkan industri manufaktur seiring dengan semakin kompetitifnya negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Bahkan Vietnam dan Filipina tengah bersaing dengan China guna menarik minat investor.

Bloomberg menuliskan bahwa Pemerintah Indonesia saat ini terus mendapatkan tekanan dari para buruh terkait penaikan upah.

Economist menuliskan bahwa satu-satunya faktor yang menarik dari Indonesia adalah populasi penduduk berusia muda.

“Gaji buruh manufaktur di China telah naik ketimbang di India, Indonesia, dan Vietnam. Negara-negara itu dianggap sebagai lokasi terbaik (untuk investasi di sektor manufaktur) di tengah naiknya gaji buruh di China," tulis Economist Intelligence Unit.

Namun demikian, riset tersebut jua menyebutkan bahwa tingkat gaji di Indonesia akan tetap lebar dalam beberapa tahun ke depan seiring dengan meningkatnya suplai pekerja. "Sebenarnya hal ini akan menjadi kabar baik bagi Indonesia apabila para buruhnya tetap happy (dengan kondisi gajinya)," tulis Economist Intelligence Unit sebagaimana dikutip Bloomberg. (bn)

Tips Meminta Kenaikan Gaji




Bagi Anda yang bekerja sebagai karyawan pada sebuah institusi, tak dipungkiri seringkali merasa gaji yang Anda terima, kurang sesuai dengan beban kerja yang dijalani. Jalan keluar yang paling sering diambil tentu saja dengan mengajukan kenaikan gaji kepada atasan Anda. Namun, jangan sembarangan dalam berbicara mengenai kenaikan gaji.

Hal pertama yang dapat Anda lakukan sebelum sukses melakukan negosiasi gaji adalah melakukan sesuatu yang dapat diukur sebagai kontribusi Anda kepada perusahaan agar dapat dijadikan bukti bahwa Anda patut menerima kenaikan gaji.

 "Misalnya, Anda meningkatkan target penjualan atau mengimplementasikan strategi baru guna meningkatkan pendapatan atau menurunkan beban perusahaan," ujar pakar keuangan Farnoosh Torabi.

Tentu saja, berbincang dengan atasan mengenai hal yang sangat penting terkadang terasa mendebarkan. Namun, ada baiknya Anda tetap tenang dan mengusir jauh-jauh rasa cemas ataupun takut, sebelum berbicara terkait kenaikan gaji Anda pada atasan. 

"Tanyakan pada diri Anda sendiri, apa yang sebenarnya Anda takuti. Tetaplah fokus pada pertanyaan 'mengapa'. Rancanglah pokok-pokok pembicaraan untuk membuktikan pada atasan bahwa Anda adalah aset berharga yang dimiliki perusahaan. Tidak ada yang dipecat karena meminta kenaikan gaji. Ketika meminta, paparkan beberapa fakta dan data untuk meyakinkan mengapa Anda layak mendapatkannya," jelas Elizabeth Lombardo PhD, seorang psikolog klinis.

Saat berbicara pada atasan, perlu disadari bahwa Anda kemungkinan tidak akan langsung memperoleh jawaban. Lombardo mengungkapkan, tujuan perbicangan Anda adalah agar atasan langsung Anda dapat memperjuangkan kenaikan gaji. Oleh sebab itu, jangan lupa utarakan juga alasan mengapa Anda patut mendapatkannya. 

Ketika berbicara, pastikan bahasa tubuh Anda pun mendukung. Tampilkan bahasa tubuh yang meyakinkan dan bukan malah membuat Anda terlihat tidak layak memperoleh kenaikan gaji. Sebab, meskipun Anda menyatakan Anda layak mendapatkan kenaikan gaji, atasan bisa saja tidak mengabulkannya karena faktor bahasa tubuh yang tidak mendukung permintaan Anda tersebut. 

"Bila Anda mengatakan bahwa Anda pantas dinaikkan gajinya, bahu yang membungkuk dan suara yang menunjukkan rasa malu akan menampilkan pesan yang berbeda. Jadi, Anda harus duduk dengan tegak percaya diri, berbicara dengan lantang dan jelas, serta bawalah buku catatan kecil yang Anda pegang," saran Lombardo. 



Sumber :
Maire Claire

Lowongan Kerja Desain Mode di PT Morich Indo Fashion - Ungaran

 
 
PT MORICH INDO FASHION merupakan perusahaan garment yang memproduksi barang-barang berkualitas. Kami sedang membutuhkan karyawan dengan posisi sebagai berikut :

Urgent :


DESAIN MODE

Kualifikasi :

  • Pendidikan Min D3/ S1 teknik tata busana
  • Mampu mengoperasikan komputer ( Ms. Office dan Internet )
  • Diutamakan berpengalaman di bidangnya / Fresh Graduate diperbolehkan 
  • Energik, proaktif, kreatif, dan teliti
N.b: Lamaran diterima paling lambat 2 minggu

Kirim lamaran ke:

PT Morich Indo Fashion
Jl. Raya Karangjati Km 25 Ds. Gembongan-Ungaran
Semarang
(0298)523523

atau email :

Lowongan Kerja Admin / CS dan Shop Keeper di NarooPet - Kalasan Sleman

 
 
NarooPet adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri hewan kecil kesayangan yang berkomitmen membangun generasi peduli dan sayang satwa kepada masyarakat. Saat ini kami membuka kesempatan bagi mereka yang berjiwa semangat, jujur, ulet dan sayang satwa. Lowongan yang tersediia adalah :
  1. ADMIN / CS
  2. SHOP KEEPER
Syarat :
  • Pria/Wanita
  • Maksimal usia 25 tahun
  • Berpenampilan menarik dan komunikatif
  • Sanggup bekerja di bawah tekanan dan dapat bekerja dalam tim
  • Jujur, Ulet, Sayang Satwa
  • Bersedia belajar segala hal baru
Lamaran di kirim ke :

NarooPet Shop dan Klinik Hewan 
Jalan Solo km 10,5 Kalasan Sleman
atau di kirim ke 

Lamaran di terima paling lambat tanggal 30 April 2015

3 Cara Bangkitkan Semangat Kerja Usai Libur Panjang




Kembali ke kantor setelah libur panjang tentu menjadi tantangan tersendiri bagi kebanyakan pegawai. Rasa enggan, malas dan panik menggelayuti diri Anda sebelum mulai beraktivitas ke kantor.

Seperti dilansir dari laman The Guardian,tak ada satu karyawapun yang dapat dengan mudah kembali ke kantor setelah libur panjang. Itu karena pikiran Anda masih sulit untuk fokus pada pekerjaan di kantor.

Meski begitu, bukan tidak mungkin Anda kembali ke kantor dengan ceria. Berikut tiga trik untuk bangkitkan semangat bekerja setelah libur panjang:



1. Menyiapkan diri dengan baik


Para pegawai disarankan untuk mengecek seluruh email sebelum mulai bekerja di kantor.  Berkomunikasi dengan rekan kerja sebelum mulai beraktivitas di kantor juga merupakan salah satu kegiatan penting yang perlu dilakukan.


2. Jangan tergesa-gesa


Jangan tekan diri sendiri dan bekerja tergesa-gesa. Sebelum berangkat ke kantor, pastikan Anda menyusun rencana kerja tersebut. 

Buatlah daftar tugas yang bisa langsung dan mudah dikerjakan di hari pertama dan kedua. Ingat, tenangkan diri Anda dan mulailah bekerja dengan ritme yang tidak terlalu cepat.


3. Buatlah perubahan


Setelah berlibur panjang, tunjukkan adanya perubahan sikap dan pola kerja di kantor. Tunjukkan sikap kerja yang lebih positif, produktif dan ambisius dalam memenuhi sejumlah target perusahaan.

Anda perlu menyempatkan satu jam sebelum bekerja untuk berpikir dan menentukan prioritas dalam bekerja. Selamat mencoba! (Sis/Ndw)

Langkah - Langkah Penting agar Gaji Tak Langsung Ludes




Terkadang kita mengalami hal yang tidak diinginkan ketika pertengahan bulan sudah mengalami kantong kosong ( Gaji Habis ) , Coba saja lakukan lima cara ini, maka Anda akan dapat menghabiskan uang tanpa merasa khawatir.

1. Stop belanja!
Gaji naik, tapi tetap saja habis. Ya, seakan sudah menjadi kodrat, banyak orang yang mengalami hal ini. Padahal, ketika gaji naik seharusnya Anda mendapatkan tambahan uang yang bisa disimpan atau diinvestasikan.

Sayangnya, kebanyakan orang masih sering gagal melakukannya. Karena mereka cenderung lebih banyak berbelanja saat penghasilan mereka bertambah.

Padahal, dibanding membeli banyak barang namun nyatanya tidak terpakai, Anda bisa saja menyimpan uang demi tujuan pensiun dan meraih kemandirian finansial secepatnya.

2. Investasi pasif
Anda mungkin baru mau mulai investasi, dan tidak mau mengambil risiko. Karena itulah, cobalah untuk berinvestasi secara pasif. Contohnya adalah dengan membeli emas, properti, atau obligasi.
Selain memiliki risiko yang sangat sedikit, saat melakukan investasi pasif, apapun yang terjadi terhadap ekonomi Anda tidak perlu khawatir akan perputaran pasar.

Dengan investasi ini Anda bisa lebih nyaman sementara menunggu hasil investasi terus tumbuh.

3. Bandingkan waktu
Coba ingat kembali, saat Anda hanya menghasilkan uang 20 persen dari gaji sekarang? Bandingkan masa itu dengan kehidupan Anda saat ini.

Apakah Anda merasa beruntung dan bersyukur dengan semua yang bisa diperoleh saat ini? Jika pengeluaran yang lebih banyak dilakukan saat ini tidak membuat Anda bahagia, maka sebaiknya hentikan pengeluaran tersebut.

Memang benar jika harga barang kebutuhan Anda tentu tidak sama dibanding masa lalu. Namun, dengan mencoba bersyukur atas apa yang sudah Anda capai saat ini, maka Anda pun akan bisa lebih melakukan perhitungan dalam pengeluaran.

4. Hemat untuk kenyamanan
Tentunya, Anda memiliki sedikit waktu untuk melakukan beberapa kegiatan seperti membersihkan rumah, mencuci pakaian dan membersihkan halaman.

Dengan ‘membeli’ tenaga untuk mengerjakan kegiatan ini, Anda bisa memperoleh waktu lebih yang dapat digunakan untuk beristirahat, sehingga uang yang Anda hasilkan benar-benar dapat digunakan untuk kenyamanan.

5. Coba memberi
Dengan memberi, Anda tidak hanya menyadari berkat yang diterima, tapi juga dapat melihat kebahagiaan si penerima. Coba donasikan sedikit penghasilan Anda, dan Anda pun akan merasa lebih bahagia.

Mungkin Anda adalah orang yang sulit percaya bahwa makin banyak uang tidak menjamin kebahagiaan seseorang. Tapi, beberapa orang justru tidak bahagia karena tidak bisa memanfaatkan secara maksimal uang yang mereka miliki.

Karena itu, jika Anda memiliki uang lebih dari yang dibutuhkan, sebaiknya rencanakan pengeluaran dan habiskan secara bijak.

Cara Sukses Mencintai Pekerjaan

Mencintai pekerjaan merupakan hal yang penting untuk menunjang dan mengembangkan apa yang dikerjakan. Dalam hal ini pekerjaan merupakan salah satu mata pencaharian seseorang untuk mendapatkan uang atau harta benda agar terciptalah kelangsungan hidup. Sehingga untuk membuat pekerjaan itu lebih baik maka seseorang perlu mencintai pekerjaannya.
Suatu ketika saat seseorang sedang bangkrut dan tidak memiliki apa - apa yang tersisa, ini merupakan salah satu faktor yang tidak dapat mencintai pekerjaannya sendiri. Sehingga banyak sekali orang yang menduakan pekerjaan yang ditempuhnya untuk pekerjaan yang lain yang sebenarnya tidak akan pernah berkembang pesat.




Mencintai pekerjaan itu dimulai saat sejak kecil dimana anda menjadi peran utama dalam membangun pekerjaan anda saat ini. Bila anda terlatih diusia dini, maka pekerjaan yang anda miliki saat ini menjadi ujung tombak suatu perusahaan yang baik dan perusahaan yang di gandrungi berbagai kalagan. Sehingga bila anda menginginkan hal itu terjadi, sebaiknya rubah cara pandang dan cara berpikir anda untuk masa depan yang ingin anda gapai.

Karena dengan mencintai pekerjaan itu akan memberikan suatu perubahan yang paling dalam dan selalu mendapatkan apa yang anda inginkan. Pekerjaan itu di mulai saat anda memilih dan memiliki suatu keputusan dan kemauan dalam meraih cita - cita anda saat ini. Sehingga dalam hal ini anda akan memperoleh suatu perubahan yang sangatlah unik dan menarik untuk diri anda sendiri.
Mencintai pekerjaan itu sangatlah gampang. Perhatikan berikut ini :

Cintailah Dengan Berpikir Positif

Terkadang seseorang sering sekali mengabaikan bagaimana berpikir positif itu bekerja dengan baik. Ketika anda memikirkan sesuatu dan anda tidak menginginkannya, maka pikiran itu akan menjadi negatif. Bila anda menginginkan perubahan baik setelah anda berpikir, maka sebaiknya rubah pikiran negatif anda dengan tersenyum sedikit dan memikirkan hal apa yang berguna bagi anda setelah terjadinya peristiwa atau kejadian yang anda alami saat ini.

Cintailah Dengan Weton Anda

Weton sangatlah mempengaruhi apa yang anda punya. Menurut orang jawa bila anda memiliki weton yang cocok dengan pekerjaan anda, maka itu akan menjadi kebanggan dan cara hidup anda yang jauh lebih baik. Inilah yang sering sekali dipakai dalam memperoleh suatu jabatan, keinginan, ataupun hal lain yang berhubungan dengan weton. Karena dengan wetonlah orang akan mendapatkan suatu pencerahan dan motivasi secara dini, menghindari kejadian yang kurang baik, dan meramalkan keberhasilan bagi diri anda sendiri. Baca Juga "Tips Mencari Kerja Menurut Weton".

Feeling

Perasaan itu bermacam - macam saat anda sedang bekerja. pekerjaan anda terkadang membuat diri anda semakin baik, mudah senyum atau bahkan sebaliknya. Inilah yang sebaiknya anda rasakan. Feeling atau perasaan anda merupakan hal yang paling utama dalam membentuk suatu pekerjaan yang anda cintai. Sehingga hal ini sebaiknya anda memiliki feeling yang bagus dan bisa bermanfaat bagi diri anda sendiri maupun kepada orang lain.

Tujuan Anda

Tujuan apa yang anda inginkan setelah anda mendapatkan uang sehabis bekerja. Itulah hal yang paling utama dalam pekerjaan anda. Bila anda menginginkan cita - cita besar dalam hidup anda maka sebaiknya tuangkanlah dengan pekerjaan anda, dan cintailah pekerjaan anda dengan semestinya. Itulah hal yang paling utama dalam seluruh hal yang anda lakukan saat anda bekerja.

Motivasi Anda

Motivasi merupakan dorongan yang begitu erat dengan cara hidup anda. Dengan motivasi anda akan memberikan seluruh hal yang baik dan kebaikan anda akan menjadikan suatu perintah bagi diri anda sendiri untuk menuju perubahan setelah anda mendapatkan apa yang anda inginkan. Pekerjaan anda merupakan salah satu hal yang paling baik untuk anda nikmati demi perubahan yang ingin anda gapai nantinya.

Tantangan Anda

Suatu masalah jika anda berpikir positif maka akan anda pikirkan bahwa itu adalah sebuah tantangan yang baik bagi diri anda sendiri. Sehingga masalah apapun didunia ini akan menjadi tantangan bagi anda untuk memperoleh suatu perubahan yang istimewa bagi kehidupan anda mendatang. Dengan memberikan seluruh hal yang baik bagi diri anda, maka anda akan tetap mencintai pekerjaan anda seumur hidup anda.

Tips Jitu Agar Nyaman Berkomunikasi di Lingkungan Kerja





Beragam latar belakang karyawan yang ada di lingkungan kerja Anda pasti juga akan memberikan pengaruh besar terhadap motivasi kerja Anda di tempat tersebut. Menjalin komunikasi tidak hanya juga harus memperhatikan latar belakang seseorang, pendidikan, budaya sehingga kita selalu merasa nyaman dengan  rekan kerja yang lain.

Jika hal itu tidak dijaga, maka yang ada hanya konflik dan kesalahpahaman yang akan mempengaruhi kualitas pekerjaan kita. Supaya komunikasi antara rekan kerja selalu nyaman dan terhindar dari konflik, ada tips yang bisa Anda coba untuk membangun komunikasi tersebut.

Bersikap terbuka

Mendengarkan pendapat rekan kerja lain adalah salah satu sikap keterbukaan Anda di tempat kerja. Kemudian ulangi kembali apa yang rekan kerja ucapkan untuk menghindari kesalahpahaman dan rekan kerja merasa dihargai pendapatnya. Utarakan secara jujur dan sopan jika opini tidak dapat diterima, dan jangan terlalu berlebihan jika opini memang disetujui.

Membatasi sikap mengeluh

Mengeluh kepada rekan lain bukanlah sikap yang tepat saat bekerja, apalagi keluhan tersebut berhubungan dengan pekerjaan Anda. Bersikap professional tidak dengan mengeluarkan keluhan yang tidak bermutu dan harus melibatkan rekan kerja lain. JIka memang ada keluhan yang menurut Anda kurang mengena dihati sebaiknya pilihlah kata-kata yang tepat dan tidak mengintimidasi  seseorang di tempat kerja Anda.

Berikan Alasan yang tepat

Saat Anda mengutarakan keluhan, pendapat sebaiknya disertai dengan alasan yang tepat dan masuk akal. Jika hal ini dilakukan seseorang pasti akan menilai Anda dengan sikap terbuka dan menghargai apa yang Anda keluhkan.

Menghindari konflik antar personal

Konflik antar personal pasti selalu terjadi dalam lingkungan kerja, untuk menghindarinya sebenarnya Anda hanya harus bersikap professional. Artinya Anda harus pandai memisahkan masalah personal antar rekan dengan masalah pekerjaan.  Cobalah untuk menghadapi setiap masalah dari sudut pandang berbeda dan tidak melibatkan emosi personal.

Tidak selalu tergantung pada atasan

Untuk menyelesaikan setiap konflik yang muncul, Anda tidak perlu selalu tergantung dengan keputusan atasan. Jika ini Anda lakukan, Anda menunjukkan pribadi yang tidak bisa menyelesaikan masalah dan tidak akan dapat dipercaya saat menghadapi masalah – masalah besar di kantor. Bicarakan baik-baik dengan rekan kerja yang menyebabkan konflik, sebelum masalah tersebut menjadi besar dan sampai ke telinga atasan.

Minta mediasi

Mediasi menjadi sangat diperlukan jika konflik yang terjadi tidak dapat diselesaikan secara baik-baik. Mungkin Anda meminta bantuan rekan kerja lain yang bersikap netral saat menghadapi konflik tersebut sebagai penengah. Anda dan rekan kerja yang berkonflik mungkin akan mendapat masukan dari sudut pandang berbeda sehingga akan lebih mudah menyelesaikan masalah tersebut.

Tak semuanya sumber konflik dari Anda

Setiap konflik yang terjadi antara Anda dan rekan kerja lain bukan berarti sumber masalah berasal dari Anda. Jangan terlalu menyalahkan diri atau membela diri, cobalah untuk juga memahami kondisi emosional rekan kerja yang mungkin sedang menghadapi masalah pelik dan menumpahkan kekesalan pada Anda.

Syarat - Syarat Menjadi Pemimpin Yang Hebat





Saveupdata.com -Menjadi pemimpin memang tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Ia harus mempunyai keberanian untuk memanajemen dirinya dan bawahannya sehingga bisa menjadi hebat. Menjadi pemimpin bukan karena ia meniru pemimpin lain agar bisa sukses dan belajar pengalaman dari mereka.
Anda harus memiliki pengalaman yang bisa melejitkan diri dan merubah Ada dari sebelumnya. berikut ini adalah tanda Anda berhasil menjadi pemimpin yang heba:

Keterikatan dengan karyawan

Pemimpin harus bisa membuat karyawan bawahannya mencintai pekerjaannya. Dengan begitu hal ini menjadi salah satu faktor perusahaan berjalan sukses. Karyawan harus selalu dibuat termotivasi untuk melakukan pekerjaan mereka.
Anda harus menghargai dan memberdayakan karyawan selayaknya mereka dan tugasnya. Buatlah mereka tertantang dengan pekerjaan tersebut sekaligus mendukung apa yang mereka lakukan selama itu benar.

Produktivitas dan manajemen waktu individu

Tujuan utama dalam pekerjaan Anda harus selalu diutamakan dengan langkah produktivitas Anda. Anda perlu berpikir inovatif untuk membuat suau gebrakan dan mendongkrak status perusahaan. Hal ini dimulai dari Anda belajar memanajemen waktu yang Anda punya. Meskipun tidak bisa hidup teratur namun berpikirlah bahwa Anda memiliki rencana matang untuk hal tersebut.

Jika Anda tidak memiliki banyak waktu maka carilah hal yang menjadi prioritas. Dengan begitu hidup Anda akan lebih bahagia dan sukses mencapai tujuan.

Kecerdasan Emosional

Kecerdasan emosional adalah sesuatu yang tidak bisa dikuasai dalam sekejap. Meskipun Anda adalah orang yang baik dan teratur belum tentu memilikinya. Pasalnya saat ini faktor softskill seperti kecerdasan emosional menjadi faktor penting seorang pemimpin menjadi sukses. Ia harus selalu bersikap empati dan mawas diri terjadap keadaan sekitar.

Kepemimpinan berdasarkan kelebihan

Bekerja dalam dunia bisnis tidak pernah menemukan apa yang disebut statis, pasti akan berubah sesuai keadaan. Anda harus mampu memanfaatkan kelebihan yang dimiliki sehingga bisa cepat beradaptasi dengan perubahan, dan berkonsentrasilah. Jangan abaikan setiap kelemahan, karena akan semakin membuat Anda dan karyawan terpuruk.


Tips Supaya Tempat Kerja Bersih Dan Rapi

Tempat kerja yang rapi dan tertata rapi pasti membuat pemakainya lebih nyaman dan bersemangat untuk mengerjakan tugasnya. Hal ini sangat jelas mengingat di meja kerja kantor lah pekerja menghabiskan sebagian besar waktunya di kantor. Anda pasti ingin menata meja kerja senyaman mungkin agar Anda betah dan nyaman dalam bekerja. Berikut tips untuk menata meja kantor agar mendapatkan produktifitas kerja yang lebih baik.



Gunakan kontainer kecil untuk tempat alat tulis anda
Jangan biarkan alat-alat tulis atau benda-benda kecil lainnya berserakan atau diletakkan di tempat-tempat yang tidak semestinya. Benda-benda seperti tip eks, penghapus, hingga paper clip adalah benda yang ukurannya relatif kecil sehingga mudah sekali terselip di antara benda-benda lainnya di meja kerja anda. Jadi, sediakan kontainer kecil yang unik untuk meletakkannya. Sebaiknya kontainer ini memiliki beberapa bagian agar anda mudah mengelompokkan benda-benda tersebut. Dan, suatu ketika anda memerlukannya anda tidak akan kesulitan untuk menemukannya. Kalau perlu, buat sendiri kontainer tersebut dari bahan-bahan tak terpakai di sekitar anda. Selain ada rasa kebanggaan, tentunya juga anda membantu lingkungan tetap green.

Gunakan rak kecil
Kertas-kertas kerja seringkali dapat diklasifikasikan ke dalam berbagai jenis, tentunya bergantung pada pekerjaan anda. Agar mudah mencari, menemukan, atau mengerjakannya, maka kertas-kertas atau dokumen-dokumen ini diatur di dalam rak-rak kecil. Jangan biarkan semuanya bertumpuk-tumpuk sehingga sulit dibedakan satu sama lain.

Singkirkan ke rak lain untuk pekerjaan anda yang belum urgen


Meja kerja yang penuh dengan beragam barang dan dokumen akan sangat menyulitkan ruang gerak anda. Alih-alih produktif, melihatnya saja mungkin anda sudah pusing duluan. Jadi, apabila ada barang-barang atau kertas-kertas kerja tertentu yang mungkin anda belum terlalu membutuhkannya saat itu, atau barangkali kertas-kertas itu urgensi pengerjaannya masih ada di urutan belakang, maka singkirkanlah ke tempat lain. Taruhlah barang-barang atau kertas kerja itu pada rak lain, tapi bukan pada meja kerja anda. 

Buang sampah pada tempatnya
Buanglah sampah pada tempatnya. Kadang-kadang saat bekerja anda mungkin harus menajamkan pensil, menggunting kertas, ngemil keripik, kacang atau permen. Kegiatan-kegiatan seperti ini seringkali menghasilkan sampah-sampah berukuran kecil. Walaupun kecil ukurannya sampah-sampah macam ini dapat mengganggu kerapian dan kebersihan meja anda. 

Kembalikan barang ke tempat seharusnya
Dalam keadaan terburu-buru anda mungkin suka lupa. Saat membutuhkan staples dengan cepat anda dapat mengambilnya dalam kontainer khusus di meja kerja anda. Akan tetapi, setelah itu anda lupa meletakkannya kembali ke dalam kontainer tersebut. Ini kebiasaan jelek. Meletakkan kembali barang yang anda ambil ke tempatnya semula tidak akan banyak membuang waktu anda yang sedang tergesa-gesa. Paling-paling selisih satu menit. Jadi biasakan disiplin untuk selalu mengembalikan barang ke tempat seharusnya.

Klasifikasikan berdasarkan jenis dan urgensi pekerjaan
Meja kerja penting fungsinya ketika anda meletakkan semua yang ada di atasnya berdasarkan tingkat kebutuhan dan urgensi. Barang-barang yang sering dipakai tentunya harus lebih mudah diakses daripada barang-barang yang kurang sering dipakai. Kemudian, yang lebih penting lagi, bagaimana cara anda menyusun dokumen-dokumen atau kertas kerja berdasarkan urgensi pekerjaan. Taruh dokumen yang harus selesai hari itu juga pada bagian atas dan taruh yang kurang urgen pada bagian bawah.

Agendakan kegiatan membersihkan meja kerja secara rutin
Hal ini sangat penting untuk menjaga agar meja kerja tetap terjaga kebersihan dan kerapiannya. Meja kerja yang bersih dan rapi tentu akan membuat lebih bersemangat dan lebih mudah dalam mengerjakan pekerjaan.

Hindari makan di meja kerja
Banyak orang yang tidak sadar jika makan atau mengemil di meja kerja membuat ruangan kerja mereka lebih cepat kotor dan berantakan. Jika memang terpaksa makan di meja kerja kantor, berikan alas pada meja dengan serbet agar meja tetap bersih dan rapi setelah selesai makan. Cara tersebut juga efektif unutk menghemat waktu untuk membersihkan sisa makanan yang mungkin tercecer saat makan.

Letakkan foto orang tersayang
Ketika anda bekerja, penyemangat anda adalah orang-orang yang anda sayangi dan menyayangi anda. Mereka dapat menambahkan energi lebih untuk anda. Bahkan hanya dengan memandangi wajahnya saja. Karena itu, cukup penting meletakkan foto orang yang anda sayangi, misalnya anak dan istri anda di atas meja kerja. Tentunya letaknya diatur agar tidak terlalu mengganggu pekerjaan anda. Jika meja kerja anda ukurannya relatif kecil, maka anda dapat meletakkannya di dinding atau di bawah kaca pelapis meja.

Beri hiasan seperti vas bunga
Memandang bunga di dalam vasnya seringkali dapat membuat pikiran menjadi lebih fresh. Suasana meja kerja akan lebih hidup dan menarik secara estetik apabila diberi sebuah vas kecil berisi bunga.

Atur ketinggian kursi
Ketinggian kursi harus diatur sedemikian rupa supaya sesuai dengan postur tubuh anda dan tinggi meja kerja. Ketinggian yang tidak tepat dapat membuat anda cepat lelah dan pegal.

Gunakan warna favorit
Meja kerja, alas, atau barang-barang di atasnya dapat menggunakan warna-warna favorit anda. Ini akan menimbulkan suasana nyaman bagi anda.

Gunakan speaker kecil atau headset
Sesekali dalam pekerjaan anda mungkin dibolehkan sedikit bersantai. Anda dapat memutar musik lembut dengan volume yang cukup untuk anda sendiri dengan menggunakan speaker kecil. Lebih aman lagi gunakan headset. Akan tetapi, jika kantor tempat anda bekerja melarangnya, jangan sekali-sekali menggunakannya.

Beri space yang cukup untuk laptop dan tempat menulis
erapa luas meja kerja anda? Jangan biarkan seluruh permukaan tertutup oleh barang-barang dan dokumen. Harus ada space kosong yang cukup untuk ruang gerak anda. Idealnya, space kosong meja kerja anda adalah dua per tiga dari duas meja kerja ukuran sedang. Terlalu sedikit space pada meja kerja dapat membuat anda cepat lelah, suntuk, dan stress karena akan memberi kesan bahwa pekerjaan anda amat banyak dan bertumpuk-tumpuk.